CAM (Computer-aided manufacturing)

07/01/2015 14:20

Apa itu CAM?

    Computer-aided manufacturing (CAM) adalah penggunaan software komputer untuk mengontrol tools mesin ataupun bagian mesin lainnya yang berhubungan dengan proses permesinan. Definisi ini bukan satu-satunya definisi CAM, CAM pun berarti penggunaan komputer yang berfungsi untuk membantu dalam semua perencanaan manufaktur, termasuk didalamnya perencanaan, managemen, transportasi dan penyimpanan. Tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan proses produksi yang lebih cepat, serta ukuran yang presisi dan konsistensi material pada komponen dan tools. Yang mana pada beberapa kasus, dapat mengurangi kebutuhan material mentah (hemat material) dan juga konsumsi energi. Saat ini CAM dipelajari di sekolah, baik SMK ataupun di Perguruan Tinggi. CAM merupakan proses setelah pemodelan menggunakan computer-aided design (CAD) atau juga computer-aided engineering (CAE). Model yang telah dibuat menggunakan Software CAD/CAE kemudian diolah oleh Software CAM untuk akhirnya menjadi perintah untuk mengontrol tools di mesin.

    Secara tradisional, CAM dikenal sebagai alat pemograman Numerical Control (NC), dimana gambar dua dimensi (2D) atau tiga dimensi (3D) yang dibuat menggunakan software CAD kemudian diolah menjadi G-Code, M-code dan lain-lain, yang kemudian hasil olah tersebut digunakan untuk mengontrol mesin CNC.

                                          

                          

Gambar 1: Salah satu penggunaan CAM menggunakan Software PowerMill dan SurfCAM

    Sebagaimana teknologi "computer-aided" lainnya, CAM tidak menghilangkan kecakapan para profesional seperti Insinyur Mesin, programer NC, atau operator mesin. Faktanya CAM malah meningkatkan kemampuan insinyur-insinyur tersebut menggunakan alat visualisasi, simulasi dan optimisasi yang dimiliki oleh Software CAM.

    Pada awal perkembangannya aplikasi CAD dimiliki oleh perusahaan-perusahaan dalam dunia Otomotif dan antariksa misalnya Pierre Béziers yang mengembangkan software CAD/CAM Unisurf pada tahun 1960an untuk desain body mobil dan perkakas di Renault.

    Sejarahnya, Software CAM memiliki beberapa hal yang sangat penting dengan tingkatan tinggi yang dibutuhkan oleh Operator CNC. Sekarang sistem CAM mendukung berbagai jenis permesinan seperti turning (bubut), permesinan 5 axis, Wire EDM. Selain itu CAM pun sekarang sangat mudah digunakan, mempersingkat waktu penggunaan tool, untuk pemakanan dengan kecepatan tinggi tool-nya dapat dioptimalkan, umur pakai tool menjadi lebih lama, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa perusahaan yang mengeluarkan software CAM :
    1) Dassault Systèmes dengan berbagai macam jenis software CAM nya.
    2) Siemens PLM Software, mengintegrasikan CAM dengan software CAD, CAE, PDM dan digital manufacturing. 
    3) Delcam, merupakan salah satu perusahaan CAM terbesar di dunia yang kini sudah diakuisisi oleh Autodesk.
    4) Vero Software
    5) PTC
    6) Tebis
    7) SheetCAM, CAM dengan harga yang cukup murah. Meskipun murah, tapi fiturnya terbukti cukup tangguh.

 

Sumber: wikipedia dan berbagai sumber.