KALIBRASI GERAK TRANSLASI MESIN CNC MACH3

03/04/2018 07:43

MACH3 adalah software komputasi CNC yang bekerja dengan menggunakan OS Windows. Dalam berkerja, MACH3 sebagai software dalam CPU, mengirimkan sinyal informasi berupa  jumlah pulsa, frekwensi  pulsa , dan arah putaran yang harus ditempuh oleh actuator (Motor).

Jumlah pulsa akan menentukan posisi motor stepper, sedangkan frekwensi pulsa akan menentukan kecepatan putaran.

Seberapa jauh gerakan translasi mesin untuk jumlah parameter pulsa yang sama ditentukan oleh desain manipulator (gearbox), serta jenis actuator (motor) yang digunakan.  Maka diperlukan suatu parameter sebagai jembatan perhitungan antara jumlah sinyal perintah gerak dan gerakan actual mesin.

Pada MACH3 sudah disediakan tools untuk kalibrasi posisi gerakan translasi mesin. MACH3 menyederhanakan perhitungan dengan  parameter bernama step per units. Berikut adalah cara setting step per units mesin cnc MACH3.

 

Setting satuan yang akan digunakan dalam GCODE, metric (mm) atau English (inch). Kita akan menggunakan satuan metrik.

  • Pada menu bar utama klik config >> Select Native Units .

  • Klik >>OK.

  • Pilih >> (mm) >> klik Ok.

 

Sekarang kita telah menggunakan satuan metrik pada software MACH3. Langkah berikutnya adalah setting parameter step per units . Berikut langkah langkah yang harus dilakukan.

  • Tekan RESET terlebih dahulu sampai tombol RESET tidak berkedip, Pada tab menu dibawah menu bar pilih SETTING  (atau tekan ALT+6), kemudian diatas tombol RESET tekan tombol  Set  Steps per Unit, 

 

  • Pilih axis yang akan dikalibrasi (X, Y, atau Z) lalau klik “ok”. Kalibrasi dilakukan satu persatu pada masing masing sumbu axis.

  • Akan muncul layar baru seperti gambar di bawah, masukkan berapa jarak yang ingin dituju oleh mesin, kemudian klik “ok”.  Misal : masukkan angka (100). Jika semua sudah benar, mesin akan bergerak ke arah sumbu X positif mengarah ke 100mm. Tunggu sampai mesin berhenti bergerak.

  • Ukur berapa jarak aktual yang ditempuh gerakan translasi mesin dengan menggunakan alat ukur (lakukan seteliti mungkin).

  • Masukkan hasil pengukuran pada layar berikutnya yang muncul.

  • Secara otomatis, komputer akan melakukan perhitungan berapa angka kalibrasi step per unitnya yang akan dipakai axis bersangkutan, kemudian tekan "YES".

Lakukan hal yang sama untuk masing masing axis lain pada mesin. Jika kalibrasi sudah pada nilai yang tepat, penunjukan angka DRO MACH3 akan sama dengan pergerakan translasi mesin.